Review

Tuesday, January 16, 2018

Rekomendasi Film Korea Untuk Newbie – Part 1 (Genre Horor)

Saya sering menemukan beberapa orang yang terkesan meng-underestimate film Korea. Terkadang mereka sudah ragu dengan kualitas film Korea bahkan sebelum menonton satu saja film dari Negeri Ginseng tersebut. Nah, di post ini, saya ingin berbagi rekomendasi beberapa film Korea yang menurut saya tak kalah menarik dan bagus dari film-film Hollywood. Karena selera orang berbeda-beda – ada yang lebih suka menonton film action, ada yang lebih suka menonton film komedi romantis (nayana nayana!) – maka saya memutuskan untuk membagi rekomendasi film Korea ini berdasarkan genre-nya. So, fellas, let’s get right into it.

Genre Horor – The Wailing (2016)

Sebelumnya saya minta maaf nih, saya hanya bisa merekomendasikan satu film saja dari genre ini karena saya adalah seorang penakut akut yang super jarang nonton film horor. Kalau ga penasaran sama film-nya, saya lebih baik mendengar cerita orang saja atau membaca recap mengenai film horor.


Saat saya memutuskan untuk nonton film “The Wailing,” yang ada di dalam benak saya adalah film ini lebih ke thriller dibandingkan horor, karena dari trailer-nya pun saya ga merasakan ketakutan yang amat sangat. Tapi ternyata saya salah. Film ini adalah film horor terhoror yang pernah saya tonton. Film ini tidak perlu menunjukkan sosok hantu yang menyeramkan, sosok hantu yang tiba-tiba muncul dan mengagetkan dan musik mencekam untuk membuat penontonnya bergidik. Jalan cerita yang sangat rapih dan tone film yang gloomy adalah beberapa kualitas terbaik yang disuguhkan “The Wailing.”

“The Wailing” menceritakan kisah sebuah kota kecil di Korea Selatan yang terkena wabah menyeramkan. Wabah tersebut terjadi setelah satu orang asing datang ke kota tersebut. Seorang polisi secara tidak sengaja terlibat ke dalamnya dan berusaha memecakan misteri tersebut untuk menyelamatkan putrinya.


Saya merasakan efek ketakutan yang lumayan awet setelah nonton “The Wailing.” Entah kenapa, salah satu sosok yang ada di film ini selalu terngiang-ngiang di kepala saya dan berhasil membuat saya tidak pernah menutup pintu kamar mandi selama beberapa hari. Adanya konektivitas antara jalan cerita di film dengan kepercayaan mengenai suatu ajaran agama membuat alur film ini lebih menegangkan. Yang menarik lainnya dari film ini adalah saya menjadi mempertanyakan siapa yang sebenarnya baik dan jahat di film ini. Dan jawabannya sukses membuat saya tercengang.


“The Wailing” sukses mendapatkan pujian dari beberapa film critics. Film ini juga berhasil mengantongi beberapa penghargaan dan nominasi dari beberapa ajang penghargaan bergengsi. Film ini juga ditampilkan di bagian Out of Competition-nya Festival Film Cannes. Di IMDB, film ini punya skor 7,5/10.

No comments:

Post a Comment