Review

Tuesday, January 23, 2018

Rekomendasi Film Korea Untuk Newbie – Part 5 (Genre Drama)

Khusus untuk part ini, saya akan memberikan tiga rekomendasi film, karena sulit bagi saya untuk memilih dua dari ketiga film di bawah ini. Menurut saya ketiganya sama-sama keren dan pantas untuk direkomendasikan. Karena genre film-film di bawah ini adalah drama, maka menyediakan tissue sebelum menonton adalah hal yang wajib.

Ode to My Father (2015)


Saya paling ga bisa menonton film yang berbau keluarga dan hewan. Entah kenapa, akan mudah sekali bagi saya untuk menangis kalau sudah bawa-bawa keluarga dan hewan peliharaan. Sama kasusnya dengan film “Ode to My Father” ini. Film ini memiliki nuansa kekeluargaan yang sangat kental. Oh iya, sebelumnya saya juga sudah pernah menulis review mengenai film ini disini. Dari review tersebut terlihat jelas lah ya betapa saya mencintai dan mengagumi film ini.
“Ode to My Father” menceritakan kisah seorang pria bernama Deok Soo (Hwang Jung Min) yang berusaha menepati janjinya kepada sang ayah sepanjang hidupnya.

Meskipun berdurasi panjang, menonton film ini bukanlah sesuatu yang membuat jenuh atau melelahkan. Menikmati perjalanan hidup Deok Soo dari mulai ia masih menjadi seorang bocah kecil sampai seorang kepala keluarga adalah hal yang menyenangkan dan mengharukan. Film ini memiliki banyak sekali pesan-pesan moral di dalamnya. Pengemasannya pun sangat rapih dan membuat mereka yang menontonnya mengerti betul plot film, meski banyak tokoh yang diceritakan dan banyak kejadian yang disuguhkan di dalamnya. Menonton film ini membuat saya sadar kalau kebahagiaan itu benar-benar sederhana. Saat kita mulai menerima takdir hidup kita dan tak melulu mengeluh, maka kebahagiaan itu akan datang dengan sendirinya.

“Ode to My Father” memiliki skor 7,8/10 di IMDB. Film ini sempat ditayangkan di beberapa ajang festival film terkemuka, termasuk Busan International Film Festival dan Berlin International Film Festival.

Trailer “Ode to My Father” -> klik disini.

Sunny (2011)


Saya sempat meng-underestimate film ini hanya karena posternya yang “kurang menarik.” Saya menyesal pernah memiliki penilaian seperti itu karena isi film ini sangatlah mind-blowing. Film ini cocok ditonton untuk kalian yang sedang merindukan masa-masa sekolah dulu dan ingin kilas balik bagaimana indahnya masa sekolah beserta sederet ikatan-ikatan yang ada di dalamnya, baik itu pertemanan, percintaan atau perkelahian.
“Sunny” menceritakan kisah persahabatan antara gadis-gadis yang bertemu saat mengenyam pendidikan di sekolah yang sama. Gadis-gadis tersebut memberi nama “Sunny” untuk gang mereka.

Film ini adalah film yang sangat relatable bagi siapapun yang pernah memiliki gang saat masih menduduki bangku sekolah. Menonton film ini membuat saya mengingat-ingat masa indah saat masih sekolah, masa-masa baru kenal namanya cinta, baru kenal namanya loyalitas antar sahabat, baru kenal namanya patah hati dan membenci anak gang lain. Sutradara dan penulis film ini mengemas kisah nostalgic tersebut dengan sangat baik. Banyak unsur-unsur yang sangat familiar dan pasti pernah dialami kebanyakan orang di jaman sekolahnya.

Di IMDB, “Sunny” memiliki skor 7,9/10. Film ini diisi oleh banyak lagu-lagu oldies yang masih enak didengar sampai dengan saat ini.

Trailer “Sunny” -> klik disini.

Hello Ghost (2010)


Film ini adalah salah satu film dengan twist ending terbaik. Kalau kalian penikmat film yang memiliki twist ending dan ber-genre drama, maka saya sangat-sangat merekomendasikan film ini.
“Hello Ghost” menceritakan kisah seorang pria bernama Sang Man (Cha Tae Hyun) yang dapat melihat hantu setelah gagal melakukan percobaan bunuh diri. Ada empat hantu yang selalu mengikuti Sang Man kemanapun ia pergi. Sang Man pun mulai berpikiran kalau ia sudah gila.

Dari plot-nya, film ini memang terkesan lucu dan pantas masuk ke genre komedi daripada genre drama, tapi….jangan salah, meskipun unsur komedi dalam film ini sama kentalnya dengan unsur drama, menurut saya film ini lebih pantas disebut sebagai film ber-genre drama. Karena penonton dari film ini harus menyediakan tissue saat menontonnya. Film ini juga memiliki pesan moral dan bukan hanya berisi bahan haha hihi saja. Saya tidak bisa bercerita banyak tentang film ini karena nanti twist-nya malah ketahuan. Pokonya ditonton saja ya. Film-nya ga akan mengecewakan. Dijamin.

“Hello Ghost” punya skor 7,7/10 di IMDB. Hak cipta ulang dari film ini sudah dibeli oleh perusahaan sutradara Chris Columbus, 1492 Pictures. Chris Columbus (yang menyutradarai beberapa film populer seperti “Home Alone” dan “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”) akan menyutradarai American remake dari “Hello Ghost.”

Trailer “Hello Ghost” -> klik disini.

No comments:

Post a Comment