Pages

Wednesday, July 19, 2017

Kecanggihan Teknologi Membuat Berkendara Bersama Mobil Impian Bukan Sekedar Mimpi Belaka


Saya adalah salah satu dari beberapa orang yang sangat menikmati waktu saya saat berkendara. Bagi saya, duduk di dalam sebuah mobil yang nyaman, mendengarkan lagu kesukaan, dan memerhatikan jalan raya sekitar adalah sesuatu yang sangat menyenangkan dan – anehnya – menenangkan. Saya mencintai waktu-waktu saya di dalam mobil. Saya mendapatkan kenyamanan dan ketenangan yang bahkan tidak bisa saya dapatkan ketika saya duduk di sebuah kafe bernuansa rumahan dan beraroma kopi hangat. Jika disuruh memilih diantara pergi ke kafe atau duduk di mobil dan berkendara tanpa tujuan, maka saya akan memilih opsi yang kedua.

Oleh karena itu saya selalu bermimpi memiliki mobil yang dapat menjadi “teman baik” saya. Mobil yang bukan hanya menjadi moda transportasi saja, tapi juga “suaka pribadi” saya, tempat dimana saya dapat menghilangkan penat dan memperoleh kebahagiaan. Beruntung bagi saya, di zaman sekarang ini industri otomotif dunia menawarkan beragam pilihan mobil yang dilengkapi dengan teknologi dan kecanggihan yang mutakhir. Hal-hal yang dulunya hanya ada di bayangan manusia ketika berandai-andai soal mobil impian mereka, sekarang sudah terwujud dan sering dipamerkan di acara-acara pameran mobil ternama, seperti pameran mobil “Gaikindo Indonesian International Auto Show,” misalnya.

Ketika membaca artikel mengenai pameran mobil, saya selalu takjub melihat mobil-mobil yang “dijajakan” di acara tersebut. Saya sadar kalau teknologi sekarang sudah semakin canggih dan manusia pun semakin pintar dan hebat mengutak-atik moda transportasi darat tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa canggih dan mewah.

Ketika melihat mobil yang “mejeng” di acara pameran mobil, saya sadar ada beberapa teknologi mobil impian saya yang ternyata sudah bukan menjadi impian belaka lagi. Teknologi yang tadinya hanya berada di “mimpi” itu, sekarang sudah dapat dilihat secara langsung di acara pameran mobil tersebut.

Sebut saja mobil Honda Clarity Fuel Cell yang sempat dipamerkan pada gelaran pameran mobil Gaikindo Indonesian International Auto Show tahun 2016 lalu. Mobil yang diboyong oleh pabrikan Jepang Honda ini menjadi mobil sedan pertama di dunia yang berbahan bakar hidrogen fuel cell dan sangat ramah lingkungan. Dilengkapi dengan teknologi Fuel Cell Vehicle (FCV), kendaraan ramah lingkungan ini hanya menghasilkan uap air tanpa menghasilkan karbon dioksida (CO2) sama sekali. Keren, bukan?

foto credit: insideevs.com

Bagi penduduk Jakarta, seperti saya, yang sudah sumpek dengan udara panas dan pencemaran udara di ibukota, mobil yang ramah lingkungan adalah “teman” yang tepat untuk berkendara dan membantu mengurangi polusi udara di Jakarta.

Teknologi mobil impian saya yang lain adalah teknologi piloted parking system atau self-parking. Teknologi parkir valet otomatis ini sangat saya impikan ketika saya harus bergulat dengan sulitnya mencari lahan parkir kosong dan waktu yang mepet. Menemukan lahan parkir kosong memang bukan hal yang sulit – seharusnya. Tapi, saya seringkali menganggap kegiatan tersebut sebagai kegiatan yang menguras otak – dan emosi. Ketika pergi ke pusat perbelanjaan di hari libur atau akhir pekan, jangan harap bisa mendapatkan tempat parkir kosong dengan mudah. Saya seringkali harus berputar-putar di tempat parkir hanya untuk menemukan lahan kosong untuk “mengistirahatkan” mobil saya.

foto credit: cronyos.com
  
Impian saya adalah dengan adanya teknologi piloted parking system, saya dapat menghemat waktu saya dan membiarkan si mobil mencari tempatnya sendiri dan mematikan mesin secara otomatis setelah parkir. Sistem dari teknologi ini kemudian dapat mengirimkan pesan kepada telepon genggam saya mengenai kondisi mobil yang telah terparkir. Ciamik sekali.

Selain kedua teknologi di atas, saya punya impian untuk memiliki mobil yang dilengkapi oleh teknologi Head Up Display. Sebagai penikmat film dan drama, saya suka iri dengan mobil-mobil yang dilengkapi teknologi canggih dan digunakan oleh karakter-karakter dalam film dan drama tersebut. Salah satu teknologi yang paling membuat saya iri ya teknologi Head Up Display tersebut. Teknologi yang memungkinkan pengendara melihat informasi mengenai jarak, fuel meter, dan banyak lagi melalui kaca di atas dashboard ini sungguh memmbuat saya takjub. Rasanya seperti melihat sesuatu yang sering disuguhkan di film-film sci-fi. Memukau.

foto credit: viva.co.id

Dengan kemajuan teknologi saat ini, saya percaya saya tidak harus menunggu waktu lama untuk berkendara dengan mobil yang dilengkapi teknologi impian saya. Semoga dengan kehadiran acara pameran mobil, seperti Gaikindo Indonesian International Auto Show yang akan kembali diadakan di bulan Agustus ini, industri otomotif Indonesia dapat semakin maju dan tidak kalah saing dengan industri otomotif luar, sehingga orang-orang seperti saya – yang selalu berandai-andai mengendarai mobil dengan teknologi impian – dapat berterima kasih pada industri otomotif dalam negeri yang dapat membuat hidup di masa mendatang lebih indah dari sekarang.  




2 comments: